Etnobotany dan keanekaragaman senyawa bahan alam pada tumbuhan


KIMIA ORGANIK BAHAN ALAM






DISUSUN OLEH:
YUYUN ERNAWATI
 (A1C117063)



DOSEN PENGAMPU
Dr. Drs. SYAMSURIZAL, M.Si.



PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA
JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2019




Pada mata kuliah kimia organik bahan alam ini, khususnya mengenai bab yang pertama yaitu Etnobotany, saya membahas tentang manfaat dari tanaman bawang putih. Bawang putih merupakan jenis tanaman yang termasuk dalam genius ellium  atau genus bawang. Tanaman yang diyakini berasal dari Asia Tengah dan timur laut Iran telah lama menjadi bumbu penyedap rasa atau dijadikan sebagai obat tradisional.
Manfaat bawang putih bagi kesehatan manusia antara lain:
1.      Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Bawang putih berperan sebagai anti virus yang sangat kuat yang dapat meminimalisirkan sertadapat meningkatkan kekebalan tubuh. Di Rusia bawang putih dikenal sebagai penisilin Rusia yang dipercaya mampu infeksi secara efektif. Pada umumnya orang yang mengkonsumsi bawang putih secara signifikan lebih jarang terjangkit penyakit pilek dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi bawang secara rutin.
2.      Mengobati Diabetes
Bawang putih dapat mengurangi resistensi insulin, gula darah dan kadar kolestrol pada pasien diabetes.
3.      Mencegah penyakit jantung
Mengkonsumsi bawang putih baik dimasak maupun tidak mampu menurunkan kadar kolestrol karena bawang putih memilki sifat antioksidan yang dinamai dengan Alicin. Alicin bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.
4.      Menjaga Kesehatan Kulit Rambut
Bawang putih mengandung sifat anti-mikroba yang membantu membunuh kuman dan batekri penyebab kerusakan kulit kepala. Menggosok ekstrak bawang putih di kulit kepala dapat mencegah kerontokan rambut.
5.      Membantu Mengendalikan Tekanan Darah.
Bawang putih tua dapat mengurangi tekanan darah dengan meningkatkan kalsium dan mengurangi tingkat protein C-reaktif yang menyebabkan peradangan dan tingginya tekanan darah. Selain itu senyawa Alicin adalah senyawa sulfur dalam bawang putih yang menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan konsentrasi hidrogen sulfide.  
6.      Mencegah obesitas (kegemukan)
Bawang putih dapat mengaktifkan protein dalam jaringan lemak, hati dan otot yang merubah nutrisi menjadi panas dan menyimpannya. Senyawa Ajoene yang ditemukan dalam bawang putih juga dapat mencegah jaringan lemak.
7.      Meningkatkan Ingatan (Memori)
Minyak yang terdapat pada bawang putih dapat meningatkan fungsi memori dan kinerja kognitif yang menimbulkan peningkatan pertumbuhan saraf .
8.      Mencegah Penyakit Kanker.
Bawang putih mengandung senyawa yang disebut diallyl trisulfide (DATS) ini merupakan agen terapeutik yang efektif dalam mencegah perkembangan tumor. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur dapat mencegah beberapa jenis penyakit kanker kolekteral, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker usus besar, kanker pancreas, dan kanker otak. 

Pertanyaan :
1.      Bawang putih memiliki manfaat salah satunya untuk mencegah penyakit jantung, apa nama antioksidan tersebut dan apa manfaatnya ?
2.      Apa manfaat dari bawang putih,khususnya bagi orang-orang rusia?
3.      Sifat apa yang terkandung didalam bawang putih dan apa fungsinya ?

Komentar

  1. Saya Rd. Abdurrahman (A1c117015), akan menjawab no.2 menurut saya Bagi orang-orang rusia bawang putih digunakan sebagai penicilin, yg mampu membunuh infeksi bakteri secara efektif.

    BalasHapus
  2. Haii Yun,
    Saya Elda Septiana (027) ingin mencoba menjawab pertanyaan no 1. Antioksidan yg terkandung didalam bawang putih yaitu disebut alicin, yg mana alicin ini dapat dimanfaatkan untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah. semoga membantu

    BalasHapus
  3. Saya Seprida Anjelina (A1C117051) akan menjawab pertanyaan yuyun nomor 3.
    Bawang putih mengandung sifat anti-mikroba, yg dapat membantu membunuh kuman dan bakteri pentebab kerusakan kulit kepala.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM 9, KEISOMERAN GEOMETRI (Pengubahan Asam Maleat Menjadi Fumarat)

JURNAL PERCOBAAN 6, REAKSI-REAKSI ALKOHOL DAN FENOL

JURNAL PERCOBAAN 9, KEISOMERAN GEOMETRI