POTENSI PEMANFAATAN STEROID UNTUK MAKHLUK HIDUP


Steroid merupakan suatu senyawa yang memiliki kerangka dasar triterpena asiklik. Ciri umum dari steroid ialah memiliki sistem empat cincin yang tergabung. Dimana cincin A, B dan C memiliki 6 atom karbon, dan cincin D memiliki 5  atom karbon. Steroid juga dihasilkan dari organisme oleh metabolit sekunder (senyawa yang banyak ditemukan pada tumbuhan dan hewan).
Steroid dapat ditemukan salah satunya pada :
a.    Daun pepaya
       Didalam daun pepaya yang biasa sehari-hari kita konsumsi, terdapat sebuah senyawa yang sangat kaya akan manfaat yaitu salah satunya steroid. Daun pepaya tidak hanya bisa digunakan sebagai sayuran tetapi dapat digunakan pula sebagai obat. Daun pepaya juga banyak mengandung mineral seperti kalium, kalsium, magnesium, tembaga, zat besi,zink, dan mangan. Daun pepaya dapat digunakan sebagai obat beri-beri, malaria, kejang perut, penurun panas dan penambah nafsu makan.
Hasil gambar untuk daun pepaya
b.    Daun pegagan
       Daun pegagan merupakan salah satu senyawa yang mengandung steroid, tumbuh secara liar dan mempunyai prospek baik mengenai tanaman obat. Manfaat dari daun pegegan itu sendiri dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, antara lain :
1.      Sebagai anti lepra dan anti lupa
2.      Menurunkan tekanan darah
3.      Menurunkan gejala depresi, mencegah varises, dan memperlancar airseni.
4.      Mengatasi gangguan pencernaan
5.      Mengatasi wasir dan konstipasi
6.      Menyembuhkan flu dan sinusitis
7.      Membangkitkan fungsi sistem saraf pada otak.
Hasil gambar untuk daun pegagan
c.    Buah mahkota dewa
       Buah mahkota dewa selain cantik dijadikan hiasan rumah, ternyata juga merupakan salah satu tanaman obat yang mengandung steroid. Manfaat dari buah mahkota dewa yaitu : dapat menurunkan kadar gula dalam darah, menghambat terjadinya sel kanker rahim, aktivitas anti oksidan, anti radang dan anti hiperrurisemia.
Hasil gambar untuk buah mahkota dewa

Pertanyaan :
1.      Pada hormon kelamin, laki-laki dan perempuan sama-sama mempunyai hormon progesteron dan estosteron, namun sebagian orang jumlahnya hanya sedikit. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa laki-laki juga bisa hamil. Nah, apakah yang dapat mempengaruhi  kedua hormon tersebut tidak sesuai dengan fungsi yang ada pada kasus laki-laki bisa hamil ?
2.      Asam ursodeoksikolat merupakan senyawa yang mempunyai 90 % bioavaibilitas untuk melarutkan batu empedu, mencegah batu empedu dan mengobati penyakit hati. Lalu, bagaimana dengan kasus seseorang yang mengalami sakit  batu empedu yang sangat parah hingga sudah merambah ke hati, berarti asam ursodeoksikolat didalam tubuh tidak dapat bekerja sebagaimana fungsinya, lalu apa yang menyebabkan asam ursodeoksikolat tidak bisa bekerja sesuai dengan fungsinya ?

3.      Steroid dapat dijadikan untuk membesarkan otot pada atlet-atlet khususnya, senyawa yang berperan yaitu methandhienon dalam pembesaran otot. Namun apakah tidak ada pengaruhnya methandhienon dengan steroid?


Komentar

  1. 2. Menurut saya karena asam ursodeoksilat hanya dapat mengobati batu empedu belum parah, masih kayak gejala gitu . karena asam ursodeoksilat ini bekerja untuk menurunkan kadar kolesterol yang dihasilkan oleh hati dan jika kelebihan kolesterol yang masuk ke dalam kantung empedu bisa menyebabkan timbul batu empedu.

    BalasHapus
  2. no 1.
    menurut saya kasus laki-laki bisa hamil ini bisa tergolong tidak mungkin, karena pada laki-laki mungkin ada hormon seperti yang saudari jelaskan, tapi mohon maaf laki-laki tidak memiliki tempat untuk mengeluarkan bayi seperti yang di miliki wanita.
    dalam ilmu ilmiah kemungkinan dapat terjadi dengan persentase sangat kecil. tapi untuk dapat hamil mungkin harus melalui beberapa operasi dan penjalinan medis dan penanaman sel ovum pada laki-laki.
    karena ilmu teknologi semakin maju dengan pesat bahkan sangat pesat. kemungkinan laki-laki hamil mungkin dapat terjadi
    semoga tercerahkan sekian terimakasih

    BalasHapus
  3. No. 3
    Tentu saja berkaitan antara methandhienon dengan steroid karena methandhienon merupakan senyawa turunan steroid yg yg memiliki fungi dalam hal pembesaran otot begitu juga steroid.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM 9, KEISOMERAN GEOMETRI (Pengubahan Asam Maleat Menjadi Fumarat)

JURNAL PERCOBAAN 6, REAKSI-REAKSI ALKOHOL DAN FENOL

JURNAL PERCOBAAN 9, KEISOMERAN GEOMETRI